Jumat, 20 Juni 2014

Dahsyatnya 3265 mdpl


30 Mei 2014, Gunung Lawu via cemoro sewu. Bisa jadi, ini perjalananku yang paling emosional. Perasaanku bener-bener diaduk-diaduk. Haha gimana enggak, rasanya kepisah sama rombongan trus momen ketemunya itu loh.. terharu banget.. saking terharunya (atau aku yang lebay), di perjalanan pulang pun masih mrebes mili nih mata.. bersyukur masih diberi kesempatan buat ngrasain dan ngalamin semuanya termasuk kedahsyatan 3265 mdpl.

Dan muncak kali ini bener-bener bukan soal muncak, tapi semuanya soal friendship, kesetiakawanan, kerja tim. Sumpah kalian semua, anak-anak mbah wiro adventure, keren banget! Adalah suatu keberuntungan buatku bisa muncak bareng kalian.

Inget trip ke gunung lawu, pasti inget Arif. Jadi Arif ini salah satu temen ndaki yg aku kenal dari temen deketku, tomblok si anak gunung. Dan kita kenal udah lumayan lama. Tapi kayaknya gara-gara lawu deh kita jadi sedeket sekarang.. soalnya dia itu yang bener-bener nemenin dari puncak sampe basecamp.

Ini kedua kalinya aku turun gunung nyeret kaki. Sumpah kaki rasanya sakit banget. Pertama pas turun gunung prau. Beruntung treknya pendek, jadi walopun jalanku lambat aku cuma selisih setengah jam aja dari rombongan depan pas nyampe basecamp.
Dan yang kedua, kampret moment, di lawu. Dari 3265 mdpl sampe basecamp, aku butuh waktu yg lebih lama daripada pas nanjak hari pertama. Padahal biasanya yang namanya turun gunung pasti lebih cepet, malah bisa setengah waktu naik.
Lutut udah gak bisa ditekuk, jalan sempoyongan gak jelas, jalan miring, kaki diseret, semuanya aku lakuin asal bisa cepet nyampe bawah. Jalan udah mirip robot.
Yang konyol, pas nyampe di pertengahan pos 4 sama pos 3, aku nangis diliatin Arif saking ngerasa sakit plus hampir putus asa. Gak kebayang kalo gak ada Arif! Sumpah itu memalukan banget. Secara kita gak begitu akrab, masih jaim-jaiman, belum begitu nyambung juga. Hahaha ngakak kalo inget adegan aku duduk diatas batu di pinggir trek sambil bawa tongkat nenek sihir trus nangis gak brenti-brenti. Aku sampe pilek dadakan trus jadiin jilbabku lap ingus. Masa bodo! Aku udah gak bisa mikir apa-apa selain terus-terusan istighfar sambil nguatin diri. Yakin aku pasti bisa sampe bawah meskipun aku sama Arif udah ketinggalan jauh temen-temen yang lain.
Gak peduli arif mau ilfeel kek atau enggak, intinya aku pengin cepet-cepet nyusul temen-temen di depan.
Yang awalnya aku gendong carrier ukuran 80L, dari pos 3 itu carrier dibawain temenku saking kasiannya kali ngeliat aku jalan diseret-seret. Gak jarang juga aku ditanya "kakinya kenapa mba?" sama pendaki-pendaki yang papasan sambil merhatiin lututku yang diiket, berkali-kali! Aku cuma mringis sambil jawab, gapapa.
Dan drama nya belum selese sampe cuaca mulai gelap. Ketambahan ini gunung terkenal sama kemistisannya.
Yang tadinya perkiraan Arif kita sampe bawah jam 5 sore, ternyata meleset banget.
Hari udah mulai gelap. Sayup-sayup kedengeran suara adzan maghrib. Yg ndaki juga makin sedikit. Kita berdua udah jarang papasan orang. Akhirnya kita berenti buat ngluarin senter karena emang jalannya udah gak keliatan tanpa bantuan cahaya. Cahaya yang ada sumbernya cuma dari kelap-kelip kunang-kunang. Waktu itu jumlahnya lumayan banyak. Tapi karena hawanya gak enak banget, bukannya indah atau romantis gitu, kunang-kunang malah bikin nuansanya jadi ngeri.

Hahaha sumpah kocak kalo sekarang diinget-inget.
Sejauh ini, lawu emang yang paling dahsyat.

Sampe abis maghriban itu, sekitar jam 6an sore lebih, beneran udah jarang banget yg ndaki. Terakhir kita (aku sama arif) ketemu sepasang, dia bilang aku dicari sama rombonganku dibawah.
Intinya pas itu, aku beneran pesimis bisa nyampe bawah. Dan arif, yg pas itu nemenin jalan, usaha buat tetep bikin aku mikir positif.
Senter arif lama-lama mulai redup karna udah dipake dari hari pertama. Bodohnya, senterku ada di kerirku yang sekarang dibawa temenku yg udah pasti udah sampe basecamp.
Aku asli takut. Suasana lawu beda sama gunung lain. Aku yakin, arif juga takut tapi tetep berusaha cool karena dia cowok. Hahaha what a night!
Dan lalu, setelah kita jalan cukup lama ngelewatin trek yang gelap mengerikan, belak-belok, naik-turun, dari jauh ada nyala 2 headlamp. Ada pendaki!
Dan makin deket, salah satu pendaki teriak namaku!
Itu tomblok. Temen seperjuangan.

Semuanya tiba-tiba nge-freeze.
Hahaha
Rasanya lega. Seneng. Sedih. Ga nyangka. Campur aduk.
Nah ini nih, kampret momen berikutnya.
Si tomblok nangis-nangis gara2 panik, takut aku kenapa-kenapa.
Aku yang saat itu ngerasa ada juga ya orang yang sepeduli dan sesayang itu sama aku jadi super terharu dan... ikutan nangis.
Hahahaha
Asli itu tangisan bahagia, men.

Baru pertama kali dalam sejarah aku nangis pas ndaki. Dan itu di lawu, wakaka.

Nyampe basecamp langsung disambut temen-temen yang lain, ditanya gimana-gimananya. Terharu lagi.
Bener-bener pendakian paling emosional.

Banyak belajar lah dari 3265. Bahwa gak ada yang tau apa yg bakal terjadi di alam, tetep rendah diri, jaga diri, jangan sombong, dan kita itu kecil banget dihadapan Allah.

Terimakasih ya Allah..
Terimakasih mbah wiro adventure..
Terimakasih lawu :)

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
For a pessimist, i am pretty optimistic! Penikmat senja yang fanatik film kartun plus gila novel-novel fantasi

Blogger templates

Blogger news

Blogroll