Kamis, 13 Maret 2014

Spot pelarian: Malioboro


Dari dulu sampai sekarang, Malioboro emang gak pernah berubah.

Malioboro. Dari dulu begitu-begitu aja. Pedagang di emperannya pun aku rasa gak berubah personilnya. Suvenir yang dijual juga itu-itu aja. Penjual makanannya juga sama. Paling harga semua yang dijual jadi makin gila, apalagi kalo musim liburan. Yang gak bisa bahasa kromo siap-siap aja jadi target penipuan hehehe. Biasanya harga dimahalin gitu kalo 'keliatan' lagi wisata.
Tapi yang paling ngena dari malioboro itu teteup... suasananya!
Sumprit, suasananya juara. Jogja banget.. apalagi ditambah pengamen jalanan yang nyanyiin lagu Yogyakarta. Beuh.. dijamin ikut kebawa suasana!

Dan malioboro masih jadi 'pelarianku' kalo aku lagi pengin banget ngetrip tapi belum bisa keluar dari jogja. Ya entah karena soal kuliah, belum ada waktu kosong, kantong kering, dll. Cuma bisa nunggu kapan bakal packing lagi buat jalan jauh dan biasanya sambil nunggu saat-saat itu tiba... langsung meluncur ke malioboro! Jalan dari ujung jalan sampe ujung satunya. Kadang sambil jalan sambil makam es krim. Ngamatin orang-orang yang lalu lalang. Meskipun view yang dilihat dari jaman dulu ampe sekarang itu sama, tetep aja gak pernah bosen. Sesekali sambil iseng tanya harga barang yang dijual di emperan, padahal aslinya gak niat beli. Iseng banget.
Gak jarang juga nemuin pemandangan orang-orang bule yang bawa carrier gede, pake celana kargo, pake sandal atau sepatu gunung, sendiri maupun rombongan. Kadang satu dari mereka lagi baca map atau kitabnya traveler Lonely Planet. Yaaah bisa ditebak lah, jelas banget, mereka-mereka itu kaum backpacker! Haha makin kangen jalan.. hiks.

Aku termasuk tipe yang gak suka nge-mall. Rasanya super mati gaya. Gak kebayang nge-mall seorang diri.
Beda banget sama the most popular destination in Jogja yang satu ini. Malioboro. Mau jalan sendiri, mau rombongan, rasanya nyaman aja. Gak akan ada yang namanya mati gaya. Semua orang bebas bergaya apa aja disini. Suasananya hangat, ramah, menyenangkan.

Aku sempet beberapa kali nyempetin jalan ke malioboro sepulang kuliah kalo lagi selo, bener-bener sendiri lho, kadang naik trans jogja atau motor sendiri, dan cuma duduk-duduk ngobrol sama pengamen atau pedagang asongan di titik 0 kilometer. Gak beli apa-apa. Just.. create experience! Pengin mencari suasana baru.

Rasanya nyenengin aja duduk di keramaian, ngeliat aktivitas orang-orang dengan kesibukan dan karakter masing-masing. Aku juga suka merhatiin style mereka. Ada yang rapi, santai, yang salah kostum juga banyak. Haha

Paling seneng kalo ada orang tua yang ngajakin ngobrol. Kenapa? Karena aku bisa praktek belajar bahasa kromo alus! Hahaha.
Menyatu dengan penduduk lokal emang nyenengin. Apalagi bisa komunikasi pake bahasa sehari-hari mereka. Cukup mengobati rasa rinduku berpetualang...

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
For a pessimist, i am pretty optimistic! Penikmat senja yang fanatik film kartun plus gila novel-novel fantasi

Blogger templates

Blogger news

Blogroll