Minggu, 21 Mei 2017

Backpacker to Singapore untuk pemula


Judulnya bikin ngakak.
Gak kreatif karna terlalu umum. Hahaha
Mirip judul-judul buku panduan wisata.
Tapi yang penting infonya yah.
Jadi, once upon a time, aku jenuh banget sama kerjaan dan memutuskan untuk take my time.
Dari sekian list orang yang aku ajak kabur sementara dari kerasnya jakarta (wkwk lebay), cuma satu yang semangat banget. Isnaeni Yuni Kuntari. Adekku yang alay nya gak abis-abis dan ternyata dari dulu sampe sekarang nyalinya segitu-gitu aja (hahaha).
Dari waktu yang cuma sebentar, budget gak terlalu banyak, jadilah aku memutuskan untuk ngajak ini anak kabur ke Singapore, sebuah kota metropolis yang sebenarnya cukup ekonomis juga (standar tiap orang beda yah, jangan disamain).

So.. Here we go..

Aku ngrencanain ini sampe berangkat kira-kira butuh 3 bulan. Maklum, disesuaikan dengan kondisi keuangan.
Bulan pertama abis gajian langsung beli tiket pesawat berdua.
Waktu itu dapet harga tiket 299 ribu rupiah CGK-SIN penerbangan sekitar jam 2 siang (dan delay jadi sekitar jam 4 sore) & 399 ribu rupiah SIN- CGK (penerbangan malam sekitar jam 10 malam waktu Singapore). Keduanya maskapai yang sama, Air Asia. Kelas ekonomi, yang penting aman selamat sentosa nyampe tujuan. 😊😊

Point pertama, pesawat PP sekitar 700ribu rupiah + pajak penerbangan, dll itunglah 800ribu rupiah.

Urusan tiket pesawat kelar.
Bulan kedua, abis gajian juga, mulai lah browsing dimana kami akan nginep selama disana.
Jadi, untuk traveler yang baru pertama akan kesana & gak mau ambil resiko gak dapet tempat nginep, sebaiknya booking dari sebelum berangkat. Lebih aman & nyaman. Waktu sampai di Singapore ga perlu bingung cari-cari lagi, langsung ke tempat inap yang udah di booking.

Di Singapore lebih mudah cari tempat nginep ala dormitory kalo mau irit budget. Dormitory nya pun macem-macem, ada yang khusus male, female, atau campur. Kembali lagi tergantung budget & kenyamanan masing-masing.
Tapi.. kalo mau lebih giat lagi browsing tempat nginep, pasti ada hostel yang murah & recommend juga untuk kantong, meski harus teliti baca review nya.
Karena pengalaman kemarin, nemu hostel murah dan enak fasilitasnya (menurut keterangan yah) tapi ternyata ada di kawasan prostitusi hehehe jadilah di cancel dan pindah tempat karena gak mau ambil resiko.
Setelah rajin browsing, ngebandingin harga-harga hostel di banyak aplikasi & web travel agent (kebetulan ingin yang lebih private biar nyaman, akhirnya lebih pilih hostel daripada dormitory) alhamdulillah memang rejeki, nemuin hostel di kawasan yang strategis banget (menurut aku) plus harganya cocok, fasilitas nya pun gak mengecewakan. Lokasinya di Bugis, deket stasiun Bugis, aksesnya mudah, harganya per malam 350ribu rupiah satu kamar. Cukup murah untuk ukuran Singapore karena standarnya dormitory pun 200ribu perorang per malam.
Urusan tempat nginap kelar.

Point kedua, hostel 2 malam 2 orang 700ribu rupiah.
(Pesan via salah satu aplikasi traveling)

Di bulan kedua ini pun, aku mulai nyusun itinerary. Jadwal efektif karena ini trip singkat, 3D2N, sementara Singapore punya lumayan banyak objek yang menarik untuk dikunjungi. Tinggal pilih, mau tour city, wisata belanja (hedon) atau objek yang free juga banyak.
Yang penting, kalo aku jangan males cari info trus skrinsot karena paham aku ga akan beli paket internet disana. Hemat hahaha. Harga paket internet kurang lebih 12 dolar, cukup untuk beli makan fast food berdua.

Aku inget pernah nulis jaman masih kecil, bukan ke Singaporenya yang jadi impianku, tapi ke Universal Studio. Dan aku pikir takdir itu emang ajaib ya, semua keinginan kita akan jadi nyata suatu saat asal kita yakin.
Begitulah, aku memutuskan untuk ke USS. Bulan kedua browsinglah, ngebanding-bandingin harga tiket USS di banyak web. Dan nemu, di web yang sama aku booking hostel, tiket USS yang paling murah dari ke semua web yang aku search.
Oke fix, jadi nih mengukir kenangan manis bersama adek di salah satu tempat yang jadi mimpi masa kecil aku.
Mungkin ini akan jadi once in a lifetime moment kita jalan berdua ketempat ini. Next, ganti tempat yah 😊😊
Satu tujuan, kelar.

Point ketiga, tiket USS sekitar 570an ribu rupiah per orang, fix time, artinya tanggal masuk sesuai yang tertera.

Bulan ketiga, bulan dimana kita menghitung hari menuju hari keberangkatan.
Eh iya, untuk yang belum punya paspor, wajib urus dulu ya di imigrasi terdekat.

Sesuai strategi di awal, tanggal keberangkatan aku atur sedemikian rupa hahaha. H+ tanggal gajian. Karena semua akomodasi (tiket+ tempat inep) udah dibayar diawal itung-itung nyicil pengeluaran, beban pun berkurang.
Sebelum berangkat ke Soetta, aku tuker dolar Singapore untuk keperluan selama disana. Jaga-jaga kalopun susah cari money changer disana.

Point keempat, spare uang keperluan disana (sangu hahaha) satu juta rupiah dituker dolar Singapore dapet 100 dolar. Lumayan.

Berikut rincian pengeluaran selama disana.

STP - Singapore Tourist Pass 3 hari: 30 dolar (very recommended karena bisa di-refund dihari kepulangan kita ke Indonesia. Berlaku untuk seluruh transportasi umum. Kece kan!)

Spare untuk oleh-oleh 50 dolar.

Udah abis 80 dolar ya hahaha

Sisa 20 dolar itu untuk urusan perut selama 3D2N.

Ekonomis gak??
Menurut aku lumayan sih, untuk ukuran pengalaman yang kita dapet selama disana. Ngeliat kebiasaan orang sana, kultur budayanya, tata kotanya, sikap ramahnya, kemudahan akses transpor publik, ada banyak hal yang bisa kita observasi.
Jangan sekedar ngeliat traveling ke luar negeri sebagai trend semata, tapi coba telisik lebih dalam (ceilah) keuntungan kita pergi dari rutinitas ke negeri orang. Banyaaakkk banget yang bisa kita 'curi' (secara positif ya) untuk diaplikasikan di kehidupan kita pribadi di negeri sendiri.
Contohnya, budaya antri, gak buang sampah seenaknya, mendahulukan yang memang lebih butuh tempat duduk di kendaraan umum, belajar on time, dan banyak pokoknya.

Kesimpulannya, dari point-point diatas bisa diketahui seberapa banyak pengeluaran di Singapore. Apa sebanding dengan yang didapat? Hahahaha, selamat mencoba. Mulailah dari sekarang.

😊😊😊

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
For a pessimist, i am pretty optimistic! Penikmat senja yang fanatik film kartun plus gila novel-novel fantasi

Blogger templates

Blogger news

Blogroll