Senin, 24 Maret 2014

Orang yang gak pernah kemana-mana


Seenggaknya setiap orang itu butuh pergi keluar dari kesehariannya buat jalan minimal dua kali setahun. Serius. Emang sih gak ada survey yang real, ini cuman asumsiku berdasar pengalaman aja. Hehe
Aku pernah punya pengalaman jalan sama orang yang bener-bener gak pernah kemana-mana. Asli, ngrepotin banget. Dia orang bantul dan gak apal jalanan jogja! Astaga. Padahal aku yang pendatang, fine-fine aja meski sering banget salah jalan. Dan lagi, dia takut ramainya jalan raya. Yang paling parah, dari bantul ke kota jogja dibilang jauh. Jadilah setiap mau main ke kota harus dianter jemput sama temennya yang satu kosan sama aku. Aku cuma bisa nelen ludah sambil gemes. Aku kaget banget pas ngerti umur dia ternyata sebaya sama aku. Jadilah aku sedikit sok tua dengan nasihatin dia: belajar berani mbak biar gak ngerepotin orang. Kan gak semua orang di dunia itu orang baik. Untung aja kamu punya temen-temen yang baik, yang care sama kamu, mau nganter jogja-bantul sementara mereka punya urusan sendiri. Coba kalo enggak, ya harus usaha sendiri kan.
Hahaha sumpah aku gemes sama orangnya! Untung seumuran, kalo dia lebih tua aku gak akan berani nasehatin. Hahaha
Bukannya apa-apa ya, tapi emang orang yang 'suka' melihat dunia luar dibanding orang yang gak pernah kemana-mana itu jauh beda.
Orang yang suka berdiam di zona nyamannya cenderung kurang bisa menyesuaikan sama lingkungan dibanding yang emang penjelajah.
Si penjelajah jelas punya poin lebih: pemberani, gampang menyesuaikan segala sikon, lebih tangguh dan tahan banting, siap sama medan, dll. Intinya 'bolang' banget.
semua itu sebenernya butuh pembiasaan. Sesuatu kan ya emang gak ada yang instan. Dan soal kepercayaan orang tua, aku yakin setiap anak pasti bermasalah sama hal satu ini. Tinggal gimana kita menumbuhkan kepercayaan itu dan kalo udah dapet ya dijaga baik-baik.
Gak mungkin juga orang tua bisa langsung percaya. Wajarlah, namanya orang tua pasti punya rasa khawatir. Dan untuk meyakinkan orang tuaku, aku selalu pulang dengan cerita-cerita menyenangkan tentang perjalanan. Tentang pengalaman baru, sahabat baru, dll. Bukan tentang 'duka' nya jalan yang pasti ada. Dan orang tua pada akhirnya menyimpulkan: kalo anak udah suka, apasih yang bisa dilakuin selain mendukung. Ya itu semua butuh proses.
Dan tentang orang yang gak pernah kemana-mana, kalian itu orang-orang yang merugi. Serius.
Lets get lost, jalan-jalan menjelajahlah! Dunia milik orang-orang pemberani.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
For a pessimist, i am pretty optimistic! Penikmat senja yang fanatik film kartun plus gila novel-novel fantasi

Blogger templates

Blogger news

Blogroll