Sabtu, 08 Maret 2014

Trek siang atau trek malem?


Kalau ditanya lebih pilih trek siang atau trek malem, aku jelas bakal jawab dengan lantang dan tanpa mikir... trek siang!

Karena apa? Karena hanya ada satu kata buat nggambarin trek malem: Edan.
Yap. Menurutku nge-trek malem itu gila-gilaan. Menurutku as a newbie sih gitu. Gak tau juga ya pendapat para sesepuh alias yang udah pro kalo soal nge-trek siang atau malem.

Pengalaman pertama ndaki itu sungguh diluar dugaan.
Itinerary-nya sih gak ada trek malem, karena jam 5 sore udah nenda. Eits, kenyataannya 100% meleset. Cuaca gak bisa ditebak dan hujan. Hujannya gak bisa diajak kompromi, deres plus lama.
Baru nyampe pos 2, belum ada setengah jalan, kita langsung buka flysheet buat berlindung. Dan akhirnya lanjut ngetrek dalam keadaan hujan, pake mantel.
Ternyata, semakin ke atas gak ada lahan buat ndiriin tenda.
Kita lanjut ngetrek sampe puncak bayangan dan belum nemuin tempat juga sementara hari udah mulai gelap dan tenagaku juga udah lumayan kekuras.

Akhirnya, pas hari udah bener-bener gelap, udah malem sekitar jam 7, rombongan yang jumlahnya 16pun bikin keputusan. 3 orang naik cari lahan buat nenda dan sisanya nunggu ditempat (cewek ada 6orang). Karena hujan dan kostum yang dipake udah basah keringat plus air hujan, jadilah malem itu kami semua nggigil kedinginan dibawah flysheet. Aku sampe takut banget kena hypothermia. Jari-jari tangan udah kaku meski udah pake minyak kayu putih trus pake sarung tangan. Malem itu rasanya antara hidup dan mati. Dua orang sempet mau misah dari rombongan demi keselamatan mereka. Satu cewek nangis.
Weks, pengalaman pertama selalu bikin deg-degan.
Akupun saat itu udah mikir mustahil banget buat sampe puncak dan diem-diem mikir pengin turun.
Saat itu rasanya kangen banget sama rumah, sama 'kehidupan normal'ku di jogja, pengin banget denger suara orang-orang tersayang.. uh ya Allah selamatkan aku. Makin malem makin dingin plus makin bahaya juga. Bayangin aja kondisi udah mulai drop, baju basah, belum ada tenda!

Akhirnya setelah cukup lama nunggu sekitar 2 jam lebih tanpa kepastian (jam 7 malem sampe jam 9 malem),  kan ya gak mungkin juga ninggalin 3 orang yang lagi cari tempat buat nenda, akhirnya bang rian (salah satu yang naik cari lahan) nongol dari kegelapan.
Dan dia bilang: ayok naik, ada tempat kosong sekitar setengah jam dari sini.

Saat itu sekitar jam 9 malem. Dan aku, si newbie, gak bawa headlamp karena aku pikir gak ada trek malem, jadi aman-aman aja. Ternyata salah banget ya, nggak newbie gak pro namanya naik gunung ya harus prepare!

Aku ngetrek dibelakang bang rian persis. Sengaja ambil posisi depan karena pengin cepet sampe. Rute nya edan. Tau sendiri medannya cikuray. Tapi ada hikmahnya juga dingin-dingin ngetrek. Badan jadi gerak, pikiran fokus. Semakin lama diem atau gak nglakuin aktivitas malah semakin berasa dinginnya.

Ternyata 30 menit itu cuma 'hiburan' belaka. Nyatanya kita ngetrek hampir 1 setengah jam di medan yang gila-gilaan. Malem hari, pemula. Hahaha Alhamdulillah nya kuat tuh.

Besok paginya pas mau summit attack, baru nyadar kalo ini posisi tenda udah deket banget ama puncak. 10 menit nyampe. Hahasiikkk!

Dan akhirnya begitulah namanya trek gunung.
Alhamdulillah sudah pernah merasakan trek siang dan trek malem. Walaupun emang trek malemnya gak sengaja alias gak direncanakan. Bener-bener diluar dugaan.
Trek siang bonusnya view bagus. Dan trek malem bonusnya pengalaman berharga. Intinya sih sama, jadi pendaki emang harus siap segala suasana. Mau hujan, dingin, apapun!
Dan puncak itu bonus. Keselamatan tetep nomor satu.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
For a pessimist, i am pretty optimistic! Penikmat senja yang fanatik film kartun plus gila novel-novel fantasi

Blogger templates

Blogger news

Blogroll