Senin, 24 Maret 2014

Tentang pembiasaan..


Sampai diusiaku yang ke 20 tahun, kira-kira ada 2 hal di hidupku yang butuh proses bernama pembiasaan ekstra. Prosesnya lama dan gak mudah. Ada 'perjuangan' disitu.

Dulu aku anak yang sakit-sakitan. Gampang banget sakit. Daya tahan tubuh super lemah. Dan otomatis, ketergantungan sama namanya rumah sakit plus obat.
Normalnya orang kan menghindari dua hal itu ya, dan aku malah justru wara-wiri bolak balik masuk rumah sakit dan gak bisa lepas dari obat.
Dua hal itu udah jadi bagian hidupku banget dari sekitar aku masuk TK sampe kelas 4-an. Gak sebentar kan.
Ketambahan aku punya penyakit turunan dari bapak, asma. Nah ini nih yang jadi halangan jaman itu buat nglakuin kegiatan outdoor kayak kemah pramuka dsb. Hampir setiap kecapekan, asmaku kambuh. Itu dulu.
Aku udah nglewatin fase yang namanya pembiasaan. Yang tadinya bergantung sama obat, pelan-pelan aku berusaha lepas. Sampe di satu titik, aku buang obat asmaku ke tempat sampah. (Maklum udah kadaluarsa hahaha). Enggak, semprotan obat asma itu berlaku setahun yang isinya 200 semprot. Dan aku jarang banget pake selama jangka waktu setahun. Mungkin cuma kepake 5 semprot.

Aku udah berubah banget kalo ngomongin daya tahan tubuh.
Kegiatan ku sekarang bener-bener jauh beda dari yang dulu.
Kalo dulu aku pasti sakit tiap ngerasa kecapekan, dan sekarang aku malah jatuh cinta sama kegiatan outdoor yang jelas butuh stamina ekstra. Dan aku baik-baik aja ternyata :)
Bener-bener itu semua butuh pembiasaan yang panjang. Pembiasaan yang akhirnya mungkin ngebentuk antibodiku jadi berubah drastis gak seringkih dulu.

Sama juga kayak soal yang satu ini. Aku kenal satu orang yang ngebuat hari -hariku cukup warna-warni pas SMA.
Yah kita ngejalin hubungan sampe kita kepisah di kota yang beda karna kewajiban nuntut ilmu. Jadilah karena banyak hal termasuk jarak, kita memutuskan untuk gak sama-sama lagi. Dan rasanya kayak dunia mau runtuh. (Hahaha masih labil)
Saat itu aku nyalahin jarak. Kenapa jarak itu jadi pemisah buat kita, dll.
Lama kelamaan, proses pembiasaan itu tadi bikin aku nyadar. Semuanya bukan karena jarak. Jarak itu gak salah. Yang salah itu hubungan kita. Ada yang salah di diri kita masing-masing.
Dan aku berhenti nyalahain jarak.
Yang awalnya berat banget, sekarang jadi makin nyaman sama diri sendiri.
Karena jarak itulah aku jadi ketagihan mbolang. Jatuh cinta sama jalanan.
Gara-gara alesan putus yang mengatasnamakan jarak, aku jadi tertantang buat nglakuin sesuatu yang aku sebut menaklukan jarak. Sebuah perjalanan. Nah di jalanan itulah aku ngrasa nemuin 'aku yang utuh' dan nyimpulin bahwa jarak gak perlu ditakuti. Toh aku malah semakin girang kalo jalan ketempat yang makin jauh.
Bener-bener butuh proses pembiasaan yang panjang untuk bisa ngrubah mindset kita buat jadi pribadi yang lebih baik. Sekarang pun aku masih dalam prosesku. Dan aku yakin, semua orang juga.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
For a pessimist, i am pretty optimistic! Penikmat senja yang fanatik film kartun plus gila novel-novel fantasi

Blogger templates

Blogger news

Blogroll